Pendataan dan Validasi Data 8355 di Sekolah SDN PEKOJAN 01 PG dalam
Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia
Kelas : LB53
Dosen : Antonius Atoshӧki Gea
Waktu : Rabu, 21 -Oktober -2015
Pukul : 09.00 -12.00
Lokasi : Jl. Mesjid Pekojan No.161-163 Pekojan
Tambora, Jakarta Barat.
Tim yang Hadir :
Ketua : Michael Angelus (1701293156)
Anggota :
1. Bella Siti Nurbarani (1701292411)
2. Devin Alamsubiru (1701323045)
3. Fabyo Agata (1701346755)
4. Ivan Saputra Kohan (1701301334723)
5. Nathasya (1701301643)
6. Ridwan Fadillah (1701308776)
7. Riska Tjandra (1701294505)
Tim
yang tidak hadir :
Tidak Ada
Teknologi informasi telah menjadi media
yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat modern saat ini baik dalam bidang
Sosial, politik, ekonomi, budaya, religi dan ada pula di bidang pendidikan.
Teknologi informasi bahkan sangat mempengaruhi interaksi social manusia yang
sangat intim dan privat. Berhubungan dengan teknologi jaringan komputer ,
komponen vital dari infrastruktur informasi adalah jaringan, dimana
memungkinkan terjadiya komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Teknologi
jaringan komputer memungkinkan terjadinya pertukaran informasi terhadap
jaringan data.
Dalam hal ini 8355 menerapkan teknologi
jaringan komputer di samping penggunaan software komputer, dimana data 8355
yang ada di sekolah akan dikirimkan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk
dijadikan sebagai suatu data mengenai pendaftaran online di sekolah tersebut.
Sehingga didalam aplikasi 8355 ini terjadi pertukaran informasi antara sekolah
dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
Persiapan awal yang kita lakukan
tidaklah berbeda dengan persiapan yang kita lakukan pada hari pertama Di
sekolahan sebelumnya. Kami semua menyiapkan semua kelengkapan dokumen –dokumen
yang dibutuhkan seperti form Data Verifikasi 8355, Form Evaluasi Kegiatan dan
Form Validasi Pendidikan. Namun sebelum itu kami juga mengadakan perjanjian
untuk dapat berkumpul dikampus untuk hari dan tanggal keberangkatan kami ke
sekolah.
Metode yang kami pakai dalam
mengerjakan Data Verifikasi 8355 adalah dengan membandingkan antara database
data yang ada disekolah pada tahun bersangkutan dengan database data yang
diberikan oleh TFI. Pada bagian awal kami meminta izin untuk mengecek dan
meminta data verifikasi 8355 untuk Siswa/i Kelas 1 SD lalu kami membandingkan
dan mengecek nya dan langsung menulis di Form Data Verifikasi 8355 yang
langsung diberikan Tanda Tangan Verifikasi langsung oleh kepala Sekolah SD
bersangkutan.
Sisi Positif yang dapat di ambil adalah
kita bisa membantu sekolah untuk dapat lebih mudah dan ringan menginput siswa/i
yang belum terdata baik disekolah maupun di Dinas Pendidikan dan siswa/i
tersebut dapat cepat terdata sebagai Siswa/i SDN PEKOJAN 1 PG.
Sisi Negatifnya adalah pada saat
tersebut kami tidak mengetahui bahwa Data Verifikasi 8355 yang dibutuhkan
adalah untuk hanya Data kelas 1 SD saja namun kami sudah meminta Data
Verifikasi 8355 Dari Kelas 1 -6 SD.
Pengukuran terhadap hasil kinerja kami
berdasarkan hasil survey dari Kepala Sekolah selaku narasumber ialah berupa
summary eksternal dan internal
1.
Survey
eksternal
Pada hasil pengkuran kinerka eksternal
kami sangatlah mendapatkan tanggapan yang baik dari pihak sekolah karena
kelompok kami telah mengikuti prosedur yang ada tidak ada 1 anggota pun yang
pasif maupun tidak ikut serta dalam pelaksanaan tugas ini.
2.
Survey
internal
a.
Displin
Waktu
i.
Yang
dijadikan Contoh adalah Bella Siti Nurbarani, Michael Angelus & Riska
Tjandra sebab mereka selalu ontime atau datang tepat waktu dari jadwal yang
sudah direncanakan terutama Bella Siti Nurbarani selalu datang lebih awal dan
lebih cepat.
ii.
Yang
perlu lebih semangat adalah Ridwan Fadilah dan Fabyo Agata karena mereka datang
tidak tepat dengan waktu yang sudah direncanakan dan kami harus menunggu mereka
dengan kurung waktu yang cukup lama.
b.
Ide
–ide yang disampaikan
i.
Yang
dijadikan contoh adalah Michael Angelus, Bella Siti Nurbarani dan Riska
Tjandra. Michael & Bella menyiapkan semua dokumen –dokumen yang dibutuhkan
dan juga informasi yang dibutuhkan untuk dalam menjalankan tugas TFI ini dan
Riska Tjandra juga turut membantu dalam menanyakan kepada TFI terkait dengan
Informasi yang ambigu.
ii.
Tidak
ada yang disemangatkan karena Kami Sebenarnya kami semua memiliki Ide –ide yang
menarik dalam kegiatan ini namun tergantung dalam kondisi yang dibutuhkan.
c.
Penerapan Disekolah
i.
Yang
dijadikan contoh baik dalam tahap ini adalah semoga bagian anggota kelompok
karena kami menjalankan semua tugas –tugas disekolah dengan baik dan bekerja
sama dengan baik dalam menjalankan dan juga melaksanakan tugas ini.
ii.
Tidak
ada yang perlu disemangatkan karena pas kami berada dilapangan, kami semua
sangat bersemangat untuk dapat cepat –cepat menyelesaikan semua tugas –tugas
yang TFI berikan kepada kami.
d.
Inisiatif
Sikap (Etika berbicara, sopan santun)
i.
Yang
dijadikan contoh baik adalah kami semua yaitu michael, riska, bella, nathasya,
devin, ridwan, fabyo dan ivan karena kami sangatlah bersikap baik dan sopan
santun dalam bertutur kata maupun dalam bertindak. Disana kami pun sangat
bersahabat dengan para anggota guru dan para siswa/inya.
ii.
Tidak
ada yang perlu diberikan semangat.
FORM EVALUASI
3.
Bagian Penutup
Hasil dari kegiatan ini adalah kita
lebih dapat memahami akan materi yang terkandung dalam Mata Kuliah CB :
Profesional Development akan arti pentingnya untuk dapat berkerja secara
Professional dan menjunjung tinggi akan arti kejujuran dan kerjasama dalam kelompok
ataupun dalam mengerjakkan sesuati hal. pada bagian ini juga kita dapat
mengerti akan arti dari tolong menolong sesama yang membutuhkan ulur tangan
bantuan kita yang tidak seberapa namun berarti penting dalam melaksanakan
Verifikasi Data 8355 yaitu mencocokan data antara yang ada disekolah maupun
yang ada di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.
Kesimpulan dari adanya kegiatan ini
sangatlah baik dan sangat berkesan bagi kelompok kami karena kami dapat turun
tangan secara langsung untuk dapat membantu Sekolah –sekolah yang membutuhkan
kita dan menjadi suatu pelajaran yang berharga dalam melaksanakan kegiatan
Sosial.
Yang perlu diperbaiki kedepannya bagi
kelompok kami adalah untuk dapat lebih tepat waktu dalam mengadakan perjanjian
dan lebih kerjasama maupun dalam komunikasi. Bagi TFI adalah agar lebih dapat
memberikan Informasi yang jelas dan penyampaian yang Sopan Santun agar kami pun
dapat lebih bisa saling Respect Satu sama lainnya dalam mengerjakan Tugas ini
karena kami harus berulang kali menanyakan informasi yang selalu ambigu yang
mengakibatkan kami mengerjakan berulang kali karena Informasi Tersebut.
Jumlah Peserta yang ikut berpartisipasi
dalam Validasi Data 8335 ini hanyalah 2 orang yaitu Orang Tata Usaha (TU) dan
kepala Sekolah SDN 1 PEKOJAN PG dan 8 Orang kelompok dari kami jadi semuanya
menjadi 10 Orang Peserta.
Pada bagian ini kami juga ingin memohon
maaf karena keterlambatan mengupload Blog ini dikarenakan ketidak sesuaian data
yang kami terima pada saat tanggal 21 –oktober -2015. Oleh karena itu, kami
menanyakan data yang kami terima dari TFI ke Pihak TFI yang berada Di SADC dan
mereka pun tidak begitu paham dengan data yang mereka terima itu pada tahun
ajaran 2013/2014 atau 2014/2015 dan menyarankan untuk kembali lagi kesekolah
untuk meminta data semuanya dan pada akhirnya kami mengadakan dan membuat
penjadwalan kembali untuk datang lagi kesekolah tersebut untuk meminta data
–data yang dari tahap 1-tahap 3 ini pada 03 –November -2015 dan pada akhirnya
kami mendapatkan data yang benar dan mengerjakan pada hari itu juga untuk
melalukan update ke google docx dengan menggunaka Account Ketua Kelompok Kami
yaitu Micahel Angelus dan kami mengerjakannya bersama –sama dan saling bahu
membahu.
Foto –foto
-
LEMBAR
FORM VALIDASI PENDIDIKAN
-
Proses
wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar