Sabtu, 14 November 2015

Laporan Pendataan dan Validasi Data 8355 di Sekolah SMPN 32 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

1. Bagian Awal
Pendataan dan Validasi Data 8355 di Sekolah SMPN 32 Jakarta  dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia






                                                        Kelas : LB53
Dosen : Antonius AtoshÓ§ki Gea
Waktu : Rabu, 21 -Oktober -2015
Pukul : 09.00 -12.00
Lokasi : SMPN 32 Jakarta, Jl. Pejagalan Raya No. 51 Jakarta
Tim yang Hadir :
Ketua : Michael Angelus (1701293156)
Anggota :
1. Bella Siti Nurbarani (1701292411)
2. Devin Alamsubiru (1701323045)
3. Fabyo Agata (1701346755)
4. Ivan Saputra Kohan (1701301334723)
5. Nathasya (1701301643)
6. Ridwan Fadillah (1701308776)
7. Riska Tjandra (1701294505)
Tim yang tidak hadir :


Tidak Ada



1.     Bagian Isi
Teknologi informasi telah menjadi media yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat modern saat ini baik dalam bidang Sosial, politik, ekonomi, budaya, religi dan ada pula di bidang pendidikan. Teknologi informasi bahkan sangat mempengaruhi interaksi social manusia yang sangat intim dan privat. Berhubungan dengan teknologi jaringan komputer, komponen vital dari infrastruktur informasi adalah jaringan, dimana memungkinkan terjadiya komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Teknologi jaringan komputer memungkinkan terjadinya pertukaran informasi terhadap jaringan data.
Dalam hal ini 8355 menerapkan teknologi jaringan komputer di samping penggunaan software komputer, dimana data 8355 yang ada di sekolah akan dikirimkan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk dijadikan sebagai suatu data mengenai pendaftaran online di sekolah tersebut. Sehingga didalam aplikasi 8355 ini terjadi pertukaran informasi antara sekolah dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
Persiapan awal yang kita lakukan tidaklah berbeda dengan persiapan yang kita lakukan pada hari pertama Di sekolahan sebelumnya. Kami semua menyiapkan semua kelengkapan dokumen –dokumen yang dibutuhkan seperti form Data Verifikasi 8355, Form Evaluasi Kegiatan dan Form Validasi Pendidikan. Namun sebelum itu kami juga mengadakan perjanjian untuk dapat berkumpul dikampus untuk hari dan tanggal keberangkatan kami ke sekolah.
Metode yang kami pakai dalam mengerjakan Data Verifikasi 8355 adalah dengan membandingkan antara database data yang ada disekolah pada tahun bersangkutan dengan database data yang diberikan oleh TFI. Pada bagian awal kami meminta izin untuk mengecek dan meminta data verifikasi 8355 untuk Siswa/i Kelas 7-9 SMPN lalu kami membandingkan dan mengecek nya dan langsung menulis di Form Data Verifikasi 8355 yang langsung diberikan Tanda Tangan Verifikasi langsung oleh kepala Sekolah SMPN bersangkutan.
Sisi Positif yang dapat di ambil adalah kita bisa membantu sekolah untuk dapat lebih mudah dan ringan menginput siswa/i yang belum terdata baik disekolah maupun di Dinas Pendidikan dan siswa/i tersebut dapat cepat terdata sebagai Siswa/i SMPN 32.
Sisi Negatifnya adalah pada saat tersebut kami tidak mengetahui bahwa Data Verifikasi 8355 yang dibutuhkan adalah untuk hanya Data kelas 7 SMPN saja namun kami sudah meminta Data Verifikasi 8355 Dari Kelas 7-9 SMPN.
Pengukuran terhadap hasil kinerja kami berdasarkan hasil survey dari Kepala Sekolah selaku narasumber ialah berupa summary eksternal dan internal
1.     Survey eksternal
Pada hasil pengkuran kinerka eksternal kami sangatlah mendapatkan tanggapan yang baik dari pihak sekolah karena kelompok kami telah mengikuti prosedur yang ada tidak ada 1 anggota pun yang pasif maupun tidak ikut serta dalam pelaksanaan tugas ini.
2.     Survey internal
a.     Displin Waktu
i.               Yang dijadikan Contoh adalah Bella Siti Nurbarani, Michael Angelus & Riska Tjandra sebab mereka selalu ontime atau datang tepat waktu dari jadwal yang sudah direncanakan terutama Bella Siti Nurbarani selalu datang lebih awal dan lebih cepat.
ii.              Yang perlu lebih semangat adalah Ridwan Fadilah dan Fabyo Agata karena mereka datang tidak tepat dengan waktu yang sudah direncanakan dan kami harus menunggu mereka dengan kurung waktu yang cukup lama.

b.     Ide –ide yang disampaikan
i.               Yang dijadikan contoh adalah Michael Angelus, Bella Siti Nurbarani dan Riska Tjandra. Michael & Bella menyiapkan semua dokumen –dokumen yang dibutuhkan dan juga informasi yang dibutuhkan untuk dalam menjalankan tugas TFI ini dan Riska Tjandra juga turut membantu dalam menanyakan kepada TFI terkait dengan Informasi yang ambigu.
ii.              Tidak ada yang disemangatkan karena Kami Sebenarnya kami semua memiliki Ide –ide yang menarik dalam kegiatan ini namun tergantung dalam kondisi yang dibutuhkan.

c.     Penerapan Disekolah
i.               Yang dijadikan contoh baik dalam tahap ini adalah semoga bagian anggota kelompok karena kami menjalankan semua tugas –tugas disekolah dengan baik dan bekerja sama dengan baik dalam menjalankan dan juga melaksanakan tugas ini.
ii.              Tidak ada yang perlu disemangatkan karena pas kami berada dilapangan, kami semua sangat bersemangat untuk dapat cepat –cepat menyelesaikan semua tugas –tugas yang TFI berikan kepada kami.

d.     Inisiatif Sikap (Etika berbicara, sopan santun)
i.               Yang dijadikan contoh baik adalah kami semua yaitu michael, riska, bella, nathasya, devin, ridwan, fabyo dan ivan karena kami sangatlah bersikap baik dan sopan santun dalam bertutur kata maupun dalam bertindak. Disana kami pun sangat bersahabat dengan para anggota guru dan para siswa/inya.
ii.              Tidak ada yang perlu diberikan semangat.





FORM EVALUASI

2.     Bagian Penutup

Hasil dari kegiatan ini adalah kita lebih dapat memahami akan materi yang terkandung dalam Mata Kuliah CB : Profesional Development akan arti pentingnya untuk dapat berkerja secara Professional dan menjunjung tinggi akan arti kejujuran dan kerjasama dalam kelompok ataupun dalam mengerjakkan sesuati hal. pada bagian ini juga kita dapat mengerti akan arti dari tolong menolong sesama yang membutuhkan ulur tangan bantuan kita yang tidak seberapa namun berarti penting dalam melaksanakan Verifikasi Data 8355 yaitu mencocokan data antara yang ada disekolah maupun yang ada di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Kesimpulan dari adanya kegiatan ini sangatlah baik dan sangat berkesan bagi kelompok kami karena kami dapat turun tangan secara langsung untuk dapat membantu Sekolah–sekolah yang membutuhkan kita dan menjadi suatu pelajaran yang berharga dalam melaksanakan kegiatan Sosial.

Yang perlu diperbaiki kedepannya bagi kelompok kami adalah untuk dapat lebih tepat waktu dalam mengadakan perjanjian dan lebih kerjasama maupun dalam komunikasi. Bagi TFI adalah agar lebih dapat memberikan Informasi yang jelas dan penyampaian yang Sopan Santun agar kami pun dapat lebih bisa saling Respect Satu sama lainnya dalam mengerjakan Tugas ini karena kami harus berulang kali menanyakan informasi yang selalu ambigu yang mengakibatkan kami mengerjakan berulang kali karena Informasi Tersebut.

Jumlah Peserta yang ikut berpartisipasi dalam Validasi Data 8335 ini hanyalah 2 orang yaitu Orang Tata Usaha (TU) dan kepala Sekolah SMPN 32 dan 8 Orang kelompok dari kami jadi semuanya menjadi 10 Orang Peserta.

Pada bagian ini kami juga ingin memohon maaf karena keterlambatan mengupload Blog ini dikarenakan ketidak sesuaian data yang kami terima pada saat tanggal 21 –oktober -2015. Oleh karena itu, kami menanyakan data yang kami terima dari TFI ke Pihak TFI yang berada Di SADC dan mereka pun tidak begitu paham dengan data yang mereka terima itu pada tahun ajaran 2013/2014 atau 2014/2015 dan menyarankan untuk kembali lagi kesekolah untuk meminta data semuanya dan pada akhirnya kami mengadakan dan membuat penjadwalan kembali untuk datang lagi kesekolah tersebut untuk meminta data –data yang dari tahap 1-tahap 3 ini pada 03 –November -2015 dan pada akhirnya kami mendapatkan data yang benar dan mengerjakan pada hari itu juga untuk melalukan update ke google docx dengan menggunaka Account Ketua Kelompok Kami yaitu Michael Angelus dan kami mengerjakannya bersama –sama dan saling bahu membahu.
Foto –foto
LINGKUNGAN SMPN 32






-       FOTO FORM LEMBAR EVALUASI KEGIATAN














-       LEMBAR FORM VALIDASI PENDIDIKAN


-       Proses wawancara









Tidak ada komentar:

Posting Komentar