1. Bagian Awal
Kelas : LB53
Pendataan dan Validasi Data 8355 di Sekolah SMPN 32 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia
Kelas : LB53
Dosen : Antonius AtoshÓ§ki Gea
Waktu : Rabu, 21 -Oktober -2015
Pukul : 09.00 -12.00
Lokasi : SMPN 32 Jakarta, Jl. Pejagalan Raya No. 51 Jakarta
Tim yang Hadir :
Ketua : Michael Angelus (1701293156)
Anggota :
1. Bella Siti Nurbarani (1701292411)
2. Devin Alamsubiru (1701323045)
3. Fabyo Agata (1701346755)
4. Ivan Saputra Kohan (1701301334723)
5. Nathasya (1701301643)
6. Ridwan Fadillah (1701308776)
7. Riska Tjandra (1701294505)
Tim yang tidak hadir :
Tidak Ada
1.
Bagian
Isi
Teknologi
informasi telah menjadi media yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat
modern saat ini baik dalam bidang Sosial, politik, ekonomi, budaya, religi dan
ada pula di bidang pendidikan. Teknologi informasi bahkan sangat mempengaruhi
interaksi social manusia yang sangat intim dan privat. Berhubungan dengan
teknologi jaringan komputer, komponen vital dari infrastruktur informasi adalah
jaringan, dimana memungkinkan terjadiya komunikasi antara satu dengan yang
lainnya. Teknologi jaringan komputer memungkinkan terjadinya pertukaran
informasi terhadap jaringan data.
Dalam
hal ini 8355 menerapkan teknologi jaringan komputer di samping penggunaan
software komputer, dimana data 8355 yang ada di sekolah akan dikirimkan ke
Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk dijadikan sebagai suatu data mengenai
pendaftaran online di sekolah tersebut. Sehingga didalam aplikasi 8355 ini
terjadi pertukaran informasi antara sekolah dengan Dinas Pendidikan DKI
Jakarta.
Persiapan
awal yang kita lakukan tidaklah berbeda dengan persiapan yang kita lakukan pada
hari pertama Di sekolahan sebelumnya. Kami semua menyiapkan semua kelengkapan
dokumen –dokumen yang dibutuhkan seperti form Data Verifikasi 8355, Form
Evaluasi Kegiatan dan Form Validasi Pendidikan. Namun sebelum itu kami juga
mengadakan perjanjian untuk dapat berkumpul dikampus untuk hari dan tanggal
keberangkatan kami ke sekolah.
Metode
yang kami pakai dalam mengerjakan Data Verifikasi 8355 adalah dengan
membandingkan antara database data yang ada disekolah pada tahun bersangkutan
dengan database data yang diberikan oleh TFI. Pada bagian awal kami meminta
izin untuk mengecek dan meminta data verifikasi 8355 untuk Siswa/i Kelas 7-9 SMPN lalu kami membandingkan dan
mengecek nya dan langsung menulis di Form Data Verifikasi 8355 yang langsung
diberikan Tanda Tangan Verifikasi langsung oleh kepala Sekolah SMPN bersangkutan.
Sisi
Positif yang dapat di ambil adalah kita bisa membantu sekolah untuk dapat lebih
mudah dan ringan menginput siswa/i yang belum terdata baik disekolah maupun di
Dinas Pendidikan dan siswa/i tersebut dapat cepat terdata sebagai Siswa/i SMPN 32.
Sisi
Negatifnya adalah pada saat tersebut kami tidak mengetahui bahwa Data
Verifikasi 8355 yang dibutuhkan adalah untuk hanya Data kelas 7 SMPN
saja namun kami sudah meminta Data Verifikasi 8355 Dari Kelas 7-9 SMPN.
Pengukuran
terhadap hasil kinerja kami berdasarkan hasil survey dari Kepala Sekolah selaku
narasumber ialah berupa summary eksternal dan internal
1.
Survey eksternal
Pada
hasil pengkuran kinerka eksternal kami sangatlah mendapatkan tanggapan yang
baik dari pihak sekolah karena kelompok kami telah mengikuti prosedur yang ada
tidak ada 1 anggota pun yang pasif maupun tidak ikut serta dalam pelaksanaan
tugas ini.
2.
Survey internal
a. Displin
Waktu
i.
Yang dijadikan Contoh adalah
Bella Siti Nurbarani, Michael Angelus & Riska Tjandra sebab mereka selalu
ontime atau datang tepat waktu dari jadwal yang sudah direncanakan terutama
Bella Siti Nurbarani selalu datang lebih awal dan lebih cepat.
ii.
Yang perlu lebih semangat
adalah Ridwan Fadilah dan Fabyo Agata karena mereka datang tidak tepat dengan
waktu yang sudah direncanakan dan kami harus menunggu mereka dengan kurung
waktu yang cukup lama.
b. Ide
–ide yang disampaikan
i.
Yang dijadikan contoh adalah
Michael Angelus, Bella Siti Nurbarani dan Riska Tjandra. Michael & Bella
menyiapkan semua dokumen –dokumen yang dibutuhkan dan juga informasi yang
dibutuhkan untuk dalam menjalankan tugas TFI ini dan Riska Tjandra juga turut
membantu dalam menanyakan kepada TFI terkait dengan Informasi yang ambigu.
ii.
Tidak ada yang disemangatkan
karena Kami Sebenarnya kami semua memiliki Ide –ide yang menarik dalam kegiatan
ini namun tergantung dalam kondisi yang dibutuhkan.
c. Penerapan
Disekolah
i.
Yang dijadikan contoh baik
dalam tahap ini adalah semoga bagian anggota kelompok karena kami menjalankan
semua tugas –tugas disekolah dengan baik dan bekerja sama dengan baik dalam
menjalankan dan juga melaksanakan tugas ini.
ii.
Tidak ada yang perlu
disemangatkan karena pas kami berada dilapangan, kami semua sangat bersemangat
untuk dapat cepat –cepat menyelesaikan semua tugas –tugas yang TFI berikan
kepada kami.
d. Inisiatif
Sikap (Etika berbicara, sopan santun)
i.
Yang dijadikan contoh baik
adalah kami semua yaitu michael, riska, bella, nathasya, devin, ridwan, fabyo
dan ivan karena kami sangatlah bersikap baik dan sopan santun dalam bertutur
kata maupun dalam bertindak. Disana kami pun sangat bersahabat dengan para
anggota guru dan para siswa/inya.
ii.
Tidak ada yang perlu diberikan
semangat.
FORM EVALUASI
2.
Bagian
Penutup
Hasil
dari kegiatan ini adalah kita lebih dapat memahami akan materi yang terkandung
dalam Mata Kuliah CB : Profesional Development akan arti pentingnya untuk dapat
berkerja secara Professional dan menjunjung tinggi akan arti kejujuran dan
kerjasama dalam kelompok ataupun dalam mengerjakkan sesuati hal. pada bagian
ini juga kita dapat mengerti akan arti dari tolong menolong sesama yang
membutuhkan ulur tangan bantuan kita yang tidak seberapa namun berarti penting
dalam melaksanakan Verifikasi Data 8355 yaitu mencocokan data antara yang ada
disekolah maupun yang ada di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.
Kesimpulan
dari adanya kegiatan ini sangatlah baik dan sangat berkesan bagi kelompok kami
karena kami dapat turun tangan secara langsung untuk dapat membantu Sekolah–sekolah
yang membutuhkan kita dan menjadi suatu pelajaran yang berharga dalam
melaksanakan kegiatan Sosial.
Yang
perlu diperbaiki kedepannya bagi kelompok kami adalah untuk dapat lebih tepat
waktu dalam mengadakan perjanjian dan lebih kerjasama maupun dalam komunikasi.
Bagi TFI adalah agar lebih dapat memberikan Informasi yang jelas dan
penyampaian yang Sopan Santun agar kami pun dapat lebih bisa saling Respect
Satu sama lainnya dalam mengerjakan Tugas ini karena kami harus berulang kali
menanyakan informasi yang selalu ambigu yang mengakibatkan kami mengerjakan
berulang kali karena Informasi Tersebut.
Jumlah
Peserta yang ikut berpartisipasi dalam Validasi Data 8335 ini hanyalah 2 orang
yaitu Orang Tata Usaha (TU) dan kepala Sekolah SMPN
32 dan 8 Orang kelompok dari kami jadi semuanya menjadi 10
Orang Peserta.
Pada
bagian ini kami juga ingin memohon maaf karena keterlambatan mengupload Blog
ini dikarenakan ketidak sesuaian data yang kami terima pada saat tanggal 21
–oktober -2015. Oleh karena itu, kami menanyakan data yang kami terima dari TFI
ke Pihak TFI yang berada Di SADC dan mereka pun tidak begitu paham dengan data
yang mereka terima itu pada tahun ajaran 2013/2014 atau 2014/2015 dan menyarankan
untuk kembali lagi kesekolah untuk meminta data semuanya dan pada akhirnya kami
mengadakan dan membuat penjadwalan kembali untuk datang lagi kesekolah tersebut
untuk meminta data –data yang dari tahap 1-tahap 3 ini pada 03 –November -2015
dan pada akhirnya kami mendapatkan data yang benar dan mengerjakan pada hari
itu juga untuk melalukan update ke google docx dengan menggunaka Account Ketua
Kelompok Kami yaitu Michael Angelus dan kami mengerjakannya bersama –sama dan
saling bahu membahu.
-
FOTO FORM LEMBAR EVALUASI
KEGIATAN
-
LEMBAR FORM VALIDASI PENDIDIKAN
-
Proses wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar